Kamis, 08 Maret 2012

Mata

Alat optic adalah alat yang cara kerjanya memenfaatkan prinsip pemantulan dan pembiasan cahaya. Alat optik yang sering digunakan adalah kacamata, kaca pembesaran, mikroskop, kamera dan periskop dan juga alat optic yang paling sempurna yaitu mata.
      Mata
Bagian-bagian dari mata:

1.      Kornea

Kornea merupakan bagian mata yang bersifat tembus pandang dan berfungsi sebagai pelindung matamu. Agar tetap bening dan bersih, kornea ini dibasahi oleh air mata yang berasal dari kelenjar air mata.



2.       Cairan Aqueous

Di belakang kornea terdapat cairan yang disebut cairan aqueous yang berfungsi untuk membiaskan cahaya yang masuk sehingga terfokus ke lensa mata.

3.       Iris atau Selaput Pelangi

Iris terdapat di belakang kornea dan berpigmen. Pigmen ini menentukan warna pada mata seseorang. Pernahkah kamu melihat seseorang atau binatang memiliki mata

berwarna biru, cokelat, atau hitam

4.       Pupil

Pupil terdapat di tengah-tengah iris. Pupil dapat mengecil dan membesar, seperti fungsi diafragma pada kamera. Pupil membuka dan menutup secara otomatis bergantung pada cahaya yang masuk. Jika cahaya terang, pupil akan mengecil,

 sedangkan ketika gelap, pupil akan membesar.


 
1.      Retina

Retina merupakan selaput yang mengandung sel-sel indera. Retina berfungsi sebagai  layar,tempat terbentuknya bayangan, seperti halnya pelat film pada kamera.

2.       Lensa Kristalin

Lensa kristalin merupakan lensa mata yang terbuat dari bahan bening, berserat, dan kenyal. Lensa mata berbeda dengan lensa kamera, tetapi memiliki fungsi yang sama. Pada kamera, untuk memfokuskan bayangan pada pelat film, lensa kamera harus dimajukan atau dimundurkan. Pada mata, untuk memfokuskan bayangan pada retina, yaitu dengan mencembungkan atau memipihkan lensa. Dayauntuk membuat lensa mata cembung dan memipih sesuai dengan jarak benda yang dilihat disebut daya akomodasi.

Pembentukan bayangan pada retina

Daya akomodasi mata

Adalah kemampuan mata untuk menebal dan memipihkan lensanya agar sesuai dengan jarakbenda yang dia
mati. Daya akomodasi maksimum terjadi ketika kita melihat benda yang paling dekat. Ketika itu lensa mata mencembung atau menebal. Sedangkan akomodasi minimum ketika kita melihat benda yang sangat jauh dan lensa mata kita akan memipih setipis-tipisnya. Titik dekat ( punctum Proximum) adalah jarak  terdekat sehingga benda masih dapat terlihat dengan jelas dalam keadaan mata berakomodasi maksimum. Titik jauh ( punctum remotum) adalah jarak terjauh benda sehingga benda masih terkihat dengan jelas dalam keadaan mata tidak berakomodasi.



Cacat Mata

Orang yang bermata normal dapat melihat benda-benda  jauh atau pun dekat dengan normal. Hal ini disebabkan daya akomodasi mata yang masih baik. Mata yang masih normal disebut emmetrop. Mata normal akan melihat dengan jelas sedekat-dekatnya 25 cm dan sejauh-jauhnya tak terhingga.
·         Miopi

Miopi atau rabun jauh adalah salah satu jenis cacat mata yang penglihatannya tampak buram jika melihat benda-benda jauh. Hal ini disebabkan bola mata terlalu tebal. Kecilnya daya akomodasi menyebabkan berkas cahaya yang seharusnya tiba di retina berpotongan di depan retina. Dengan kata lain, bayangan berada jauh di depan retina. Untuk menolong cacat mata miopi, kamu harus menggunakan lensa yang dapat menyebarkan sinar agar bayangan tepat di retina. Lensa tersebut adalah lensa cekung atau lensa negatif yang bersifat divergen.


·         Hipermetropi

Cacat mata seperti ini disebut hipermetropi atau rabun dekat. Pada umumnya, rabun dekat disebabkan bola mata yang terlalu datar. Berkas sinar bias yang seharusnya berpotongan di retina akan berpotongan di belakang retina. Akibatnya, penglihatan menjadi buram. Cacat mata rabun dekat harus ditolong oleh lensa yang dapat mengumpulkan sinar sehingga sinar yang masuk dapat difokuskan di retina. Lensa apakah itu? Lensa itu adalah lensa cembung atau lensa positif.


·         Presbiopi

Presbiopi merupakan cacat mata yang lebih banyak disebabkan oleh faktor usia. Orang yang usianya sudah lanjut, daya akomodasinya semakin lemah sehingga lensa mata sukar mencembung secembung-cembungnya dan sukar memipih sepipih-pipihnya. Cacat mata presbiopi adalah cacat mata yang tidak dapat melihat benda-benda jauh atau dekat dengan jelas. Untuk menolong orang yang menderita cacat mata presbiopi, harus digunakan kacamata rangkap. Lensa kacamata rangkap terdiri atas lensa cekung untuk melihat benda-benda jauh dan lensa cembung untuk melihat benda-benda dekat.





DAFTAR PUSTAKA

Damari, Ari. 2009. Konsep Jitu Fisika SMP. Jakarta: Wahyu Media.

Halliday, D. dan Resnick, R. 1998. FISIKA Jilid 1 ( Terjemahan Pantur Silaban dan

Erwin Sucipto ). Jakarta : Erlanggga

sumber : http://psbfisika.blogspot.com/2012/01/alat-alat-optik-mata.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Pages

Blogger news